26 Februari 2010

Instalasi Java Development Kit (JDK) di Windows 7


1. Download installer JDK di http://java.sun.com/javase/downloads/widget/jdk6.jsp . Jangan lupa perhatikan di OS mana anda akan menginstal ( misal java untuk 64bit tidak akan jalan di OS 32bit, dsb)

2. Eksekusi file installer yang telah didownload.(file ini sebenarnya hanya downloader dan terlebih dahulu akan mendownload JDK)

3. Jalankan instalasi dengan seperti biasa hingga selesai. (klik Next hingga Finish).

4. Setelah proses instalasi selesai, ubah path dengan cara : klik kanan My Computer -> Properties -> Advanced System Setings.

5. Setelah muncul window baru, klik Environment Variables.

6. Kemudian pada System Variables, pilih "Path" pada kolom variable -> klik Edit.

7. Tambahkan path sbb:
 ;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_18\bin\ 
pada Variable Value tanpa menghapus path yang ada dan jangan lupa tambahkan tanda ; sebelum menambahkan path. (path tergantung lokasi javac.exe berada)

8. Kemudian klik OK. Penambahan path selesai.

9. Save semua pekerjaan, Restart komputer.

10. Untuk mengecek, jalankan Command Prompt dan ketikkan javac. Jika berhasil akan muncul seperti ini:

16 komentar:

Anonim mengatakan...

kak, aku lupa kalo pathnya cuman d tambahin, jadinya kehapus deh path yang ud ada itu ..
nah, yang mo aku tanyain nih, path yang ada itu biasanya apa kak .. mohon bantuannya :)

Puguh mengatakan...

maaf lama vakum,, isi variabel path itu berbeda2 tergantung versi windows dan berbagai software yang diinstal di komputer. coba i restore kalo lupa :)

d@do mengatakan...

salam, boleh minta tolong gak? saya ada sedikit masalah nich berhubungan dengan java. Saya install suatu program. Saat mau mejalankan program tersebut keluar message: "Could not find the main class: Program will exit" di Java Virtual Machine Launcer. Kenapa yah. Saya sudah coba beberapa cara Install ulang jre dan install ulang program nya tetap begitu. Ada kah solusi lain ??

Unknown mengatakan...

setelah keliling2, ternyata panduan akang paling nyambung di kepala saya,.
makasih banyak kang, akhirnya saya bisa belajar java dengan lancar..

Anonim mengatakan...

mau nanya nich....saya cuma ingin tahu aja itu kan di C:\Program Files(x86)\Java\jdk1.6.0_18\bin\ juga ada javac-nya lha fungsinya apa ya? bedanya klo kita path ke situ?

mohon penjelasannya
sebelumnya makasi

Puguh mengatakan...

^ bila anda menggunakan OS windows 64 bit maka akan ada 2 buah folder program files. yaitu "program files" untuk menampung program2 64bit dan "program files(x86)" untuk menampung yang 32bit.JDK yang berada di program files (x86) itu berarti JDK yang 32 bit. terserah anda mau pake yang mana karena OS 64 bit bisa menjalankan keduanya.

Taufiqur Rohman mengatakan...

nice info gan . ak juga bru blajar java nih . jangan lupa kunjungi www.topx17.tk . terima kasih ..

Harry Sapto Prayogo mengatakan...

gagal...stelah restart...bila d sertai gmbar tahap2 instal gk...
Biar gk salah

Anonim mengatakan...

Kenapa ya saya selalu gagal waktu menambahkan path. Lokasi javac.exe ada di
C:\program files\java\jdk1.6.0_25\bin\
jadi di variable value saya isi kaya gini
;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_25\bin\

Bener ngga? Tapi setelah restart ternyata gagal. Cek di command prompt keluarnya kaya gini : 'JAVAC' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.

Kira-kira kenapa ya? Mohon bantuannya :)

zull mengatakan...

Tidak berhasil di E71 saya mas, :(

MY WORLD mengatakan...

kak, tanya dong
qu kalo install java ox gag bisa-bisa terus za?? padahal dulu waktu instal gampang-gampang ja. itu kenapa za?? bisa bantu saya??

anang mengatakan...

ok makasih

wisnu mengatakan...

ane instal JDK di win 7 buat blackberry simulator tp koq ga bs conek internet ya?

ASETMANDIRI mengatakan...

aset mandiri memberi peluang buat anda untuk bisa memiliki aset produktif dengan finansial unlimited, segera gabung di www.asetmandiri.co.nr

habib munawar mengatakan...

tutor cara kompile java dong gan..

Anonim mengatakan...

Saya sudah setting Jdk nya sesuai versi tetapi masih tidak jalan ya JDK NYA ? padhal sudah saya PATH dengan benar,apa ada solusi lain ?

Posting Komentar