9 Maret 2011

CLOUD COMPUTING : WEB OPERATING SYSTEM

Web Desktop (webtop) atau lebih sering disebut Web Operating System (Web OS) merupakan salah satu jenis aplikasi web yang mengimplementasikan teknologi Cloud Computing.

Cloud Computing adalah teknologi yang menggunakan jaringan Internet dan server terpusat untuk mengelola data dan menjalankan aplikasi. Cloud Computing membantu user untuk menggunakan aplikasi tanpa melakukan instalasi, mengakses file pribadi mereka di komputer manapun dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan efisiensi lebih dengan memusatkan penyimpanan data, memory, pemrosesan aplikasi, dan resource lainnya di Internet (server). Dengan Cloud Computing, seorang user hanya membutuhkan komputer dengan web browser dan akses Internet untuk menjalankan berbagai aplikasi seperti game, office application, Web Desktop/Web Operating System, dan sebagainya.

Secara teknis, Web OS atau juga disebut Web Desktop (webtop) adalah sebuah desktop environment yang berjalan di atas web. Web OS dapat diartikan sebagai “sistem operasi” yang berjalan di atas web browser. Tentunya, Web OS bukanlah sebuah sistem operasi yang sebenarnya. Web OS hanyalah meniru tampilan, look-and-feel, dan beberapa fitur yang biasanya ditemukan pada sebuah sistem operasi seperti Windows, Linux, atau Mac OS. Dengan kata lain, Web OS bisa juga disebut sebagai virtual desktop yang berjalan di dalam web browser. Semua aplikasi, data, file, dan konfigurasi berada di server (cloud) dan diakses secara remote dari client melalui jaringan. Fungsi web browser hanya sebagai media penampil dan input.  

. Contoh – contoh Web OS

1. SilveOS (www.silveos.com)

silveOS.com memberikan kenyamanan yang sama seperti aplikasi desktop (windows) tetapi dituangkan dalam web browser. system host dari keseluruhan data disimpan dalam server pusat, sehingga kita dapat menggunakannya dimanapun kita berada. tidak terpaku dalam suatu tempat. Kita dapat menjalankan aplikasi tanpa menginstall aplikasi tersebut.

2. EyeOS (www.eyeos.org)

EyeOS adalah sebuah aplikasi web yang menampilkan desktop ke dalam web browser. Dalam aplikasi tersebut sudah terdapat office dan beberapa aplikasi default dalam windows. Sama halnya sebuah frame work yang dikembangkan untuk web aplikasi dimana aplikasi tersebut memiliki aplikasi desktop. Aplikasi ini bersifat open source, jadi dapat didapat dengan mudah.

Teknologi yang digunakan dalam membangun aplikasi Web desktop sangat beragam tergantung dari masing-masing penyedia layanan. Secara umum Web desktop menggunakan teknologi Client-server dan menggunakan engine berbasis PHP, Ajax, Java, Flash, Silverlight (Microsoft), atau kombinasinya.

Sedikit paparan tentang teknologi dari web Desktop:

a. SilveOS.com adalah web aplikasi berbasis silverlight (web OS). SilveOS.com berbasis web dan membutuhkan Silverlight 3 untuk menjalankannya. aplikasi berjalan dalam sandbox silverlight. defaultnya kita tidak dipebolehkan untuk mengakses file system atau melakukan sesuatu yang dapat merusak sistem kerja mesin. selain desktop, taskbar, start menu dan sidebar terdapat beberapa aplikasi yang sudah dimasukkan kedalamnya, meliputi:
* File Explorer * Internet Explorer * Video Player * Rich text editor * RSS reader * Notepad * Paint * Twitter client * Flickr viewer * Youtube viewer * Virtual Earth * Chat * Calculator

b. EyeOS adalah web aplikasi berbasis PHP, XML, dan JavaScript. Tiga hal tersebut merupakan platform utama dari pembuatan web aplikasi tersebut. Dalam aplikasi tersebut sudah terdapat office dan beberapa aplikasi (±67 aplikasi).

2 komentar:

Fahmi mengatakan...

Om izin nyedot ya buat paper lab access. TQ.. :)

Zacky Caspian mengatakan...

Mas Puguh, izin nyedot buat bikin makalah. Thanks.. =)

Posting Komentar