11 Januari 2012

CodeIgniter (CI)

Code Igniter adalah sebuah framework PHP. Framework itu sendiri adalah suatu kerangka kerja yang berupa sekumpulan folder yang memuat file-file php yang menyediakan class libraries, helpers, plugins dan lainnya . Framework menyediakan konfigurasi dan teknik coding tertentu. Code Igniter dapat di peroleh secara gratis, dengan mengunduhnya di www.codeigniter.com.

Konsep MVC (Model View Controller) adalah konsep pemisahan antara logic dengan tampilan dan database. Manfaat konsep ini adalah, membuat coding logic lebih simple, karena sudah di pisah dengan code untuk tampilan dan membuat programmer dapat bekerja secara terpisah dengan designer. Programmer mengerjakan logic, sedangkan designer berkutat dengan design dan tampilan.

1.    Model
Merupakan code struktur data. Model berisi fungsi di dalam pengolahan database. Sintaks SQL masuk di sini.
2.    View
Merupakan code untuk menampilkan tampilan suta program. Tampilan dapat berupa web page, header, footer dan apa saja yang berjenis tampilan.
3.    Controller
Merupakan kode untuk logic, algoritma dan sebagai penghubung antara model, view, dan sumber lain yang di perlukan untuk mengolah HTTP request dan generate web page.

Code Igniter menerapkan pola MVC yang fleksibel, karena Model tidak harus di gunakan. Anda dapat hanya menggunakan Controller dan View saja. Jika tidak memerlukan pemisahan di dalam struktur data dan database atau menganggap penggunaan Model hanya menambah kompleks aplikasi dengan keuntungan yang kurang sebanding, maka Model bisa tidak digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar