12 November 2009

Apa sih gunanya Network?

Sebenarnya apakah fungsi dari adanya network? Network pada dasarnya adalah sekumpulan komputer dan perangkat lain seperti handphone, printer, dsb yang dihubungkan atau dikomunikasikan satu sama lain dengan koneksi tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Lalu apa gunanya menghubungkan beberapa komputer atau perangkat lain dengan suatu network?
Fungsi dari network diantaranya yang pertama untuk membagi suatu sumber daya/perangkat untuk digunakan bersama. Dengan Network kita bisa berbagi printer, CPU, memori, Hardisk,dsb. Sebagai contoh, dengan Network kita hanya membutuhkan sebuah printer untuk beberapa komputer. Hal ini tentunya akan menghemat banyak sumberdaya.
Fungsi Network yang selanjutnya adalah sebagai media komunikasi. Dengan Network, memungkinkan komunikasi antara satu komputer dengan yang lain. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan berbagai aplikasi seperti e-mail, instant messaging, VoIP, dsb. Semakin besar dan luas suatu jaringan tentunya kita akan bisa berkomunikasi dengan lebih banyak user dengan menggunakan suatu network.
Network juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mengakses informasi. Seperti yang saat ini telah berkembang dengan pesat, internet, telah menjadi suatu kebutuhan masyarakat untuk mengakses informasi melalui web browsing. Dan saat ini aplikasi internet sudah semakin luas. Dari internet kita bisa mengakses semua informasidan berinteraksi dengan banyak orang dengan situs jaringan sosial. Internet juga telah menjadi media entertainment karena kita bisa memanfaatkannya untuk bermain game, video streaming, dsb.
Jadi, kesimpulannya sangat banyak fungsi dari keberadaan Network.

0 komentar:

Posting Komentar