12 November 2009

Bagaimana Dunia IT di Masa Depan

Teknologi Informasi berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun dan perkembangannya semakin cepat. Jika kita bandingkan teknologi komputer sekarang, lima tahun lalu, dan 20 tahun lalu, maka perkembangan yang terjadi dari 20 tahun lalu ke 5 tahun lalu hampir sama dengan perkembangan dari 5 tahun ke masa sekarang. Ini membuktikan bahwa perkembangan IT semakin cepat. Apakah untuk kedepannya perkembangan IT juga akan semakin cepat?Ataukah suatu saat akan mencapai klimaksnya dan berhenti? Bagaimana perkembangannya di masa depan?
Jika dilihat, di masa lalu orang belum memikirkan dampak-dampak buruk dari perkembangan teknologi. Teknologi terus dikembangkan secara besar-besaran selama masih bisa, dengan tujuan mempermudah semua aktivitas. Namun, di masa kini  IT diharapkan untuk hemat energi dan ramah lingkungan dengan tanpa mengesampingkan fungsi.  Berbagai isu tentang kerusakan lingkungan dan menipisnya energi saat ini telah mengubah pola pikir masyarakat. Banyak yang mengkritik penggunaan energi, salah satunya untuk keperluan komputerisasi dan internet. Sebagai contoh Google yang pernah dikritik oleh sebuah organisasi lingkungan karena banyak sekali menggunakan komputer server.
Di satu sisi mungkin fenomena atau isu ini membatasi kreativitas untuk pengembangan teknologi, namun di sisi lain bisa mendorong kretivitas untuk terus mengembangkan teknologi hemat energi. Contoh yang sedang marak akhir-akhir ini adalah Energy Saving dan Green Computing.
selain hemat energi dan ramah lingkungan, masyarakat saat ini menginginkan segala sesuatu dapat dilakukan dengan mudah, cepat, ringkas, dan ultra portable. Hal ini seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan bisnis sehingga masyarakat perlu untuk beraktivitas dan berkomunikasi dengan cepat. Segala sesuatu diharapkan mudah dilakukan dan bisa dimana saja. Yang telah berkembang saat ini diantaranya notebook, wi-fi, hsdpa, wimax dsb, yang mendukung kebutuhan masyarakat yang semakin ‘mobile’.
Dari sini menurut saya bisa diprediksikan bahwa dunia IT di masa depan adalah IT yang segala sesuatunya hemat energi dan ramah lingkungan namun tetap fungsional dan mudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Komputasi harus lebih efisien, baik dari hardwarenya maupun software yang menjalankannya harus efisien. Sebuah OS atau software harus user friendly dan tercipta interaksi manusia dengan komputer yang semakin alami.

0 komentar:

Posting Komentar