12 November 2009

Network: Dahulu dan Sekarang

Seperti yang telah disebutkan pada postingan sebelumnya, Network pada dasarnya adalah sekumpulan komputer dan perangkat lain seperti handphone, printer, dsb yang dihubungkan atau dikomunikasikan satu sama lain dengan koneksi tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Bagaimana perkembangan network di dunia?
Dari tahun ke tahun network terus berkembang baik dari fungsinya yang semakin luas maupun dari peripheral/peralatan yang digunakannya. Pada awal kemunculannya, Network hanya menghubungkan sejumlah komputer dan hanya dimiliki oleh perusahaan besar dan instansi tertentu. Koneksinya masih menggunakan kabel konvensional. Network juga hanya dimanfaatkan sebatas sebagai e-mail atau mengakses database perusahaan. Kecepatan koneksi network jaman dulu juga masih lambat.
Di jaman sekarang, dimana kebutuhan networking semakin besar akibat meluasnya aplikasi/fungsi network itu sendiri mendorong teknologi untuk menciptakan suatu network yang semakin canggih dan mudah digunakan. Akibat berkembangnya internet, kini masyarakat membutuhkan suatu network dengan koneksi super cepat. Selain itu, Network yang mobile dan wireless juga menjadi kebutuhan di masa sekarang. Saat ini berbagai teknologi mulai dikenalkan, diantaranya WLAN, 3G, HSDPA,Wimax, dsb yang memungkinkan kita untuk mengakses network dimana saja dengan kecepatan tinggi. Selain itu, semakin banyaknya komputer yang terhubung ke internet juga mendorong diciptakannya IPv6 untuk memenuhi kebutuhan alamat IP.
Pada intinya perubahan fungsi network dari hanya sekedar jaringan beberapa komputer menjadi suatu Network yang lebih luas fungsinya saat ini, terutama internet, telah mendorong perkembangan teknologi networking hingga secanggih saat ini. Network telah mulai berubah fungsi atau bertambah fungsinya jika dibandingkan dengan jaman dahulu. Jadi perbedaan Network jaman dahulu dan sekarang terutama adalah pada fungsinya.

0 komentar:

Posting Komentar